Jumat, 08 September 2017

Alasan Mengapa Lari Pria Lebih Cepat Dibandingkan Wanita

Berlari adalah olahraga yang bisa dinikmati setiap orang, mulai dari anak-anak hingga orang tua, juga pria dan wanita. Tapi di banyak tempat dan acara, kebanyakan catatan berjalan lebih cepat untuk pria daripada wanita.

Mengapa pria bisa berlari lebih cepat dari wanita, tapi tekad, usaha dan durasi latihan begitu hebat?

Jawaban atas pertanyaan ini bervariasi, namun banyak yang terkait dengan perbedaan hormon dan ukuran tubuh antara pria dan wanita. Inilah penjelasannya.

Kekuatan otot adalah faktor utama yang menentukan seberapa baik seseorang bekerja. Pria pada umumnya mampu menghasilkan kekuatan dan kecepatan lebih tinggi daripada wanita karena memiliki massa otot lebih besar.

Baik pria maupun wanita memiliki jumlah serat otot yang sama, namun pria secara alami memiliki kadar testosteron lebih tinggi untuk menghasilkan ukuran serat otot yang lebih besar.

Hormon testosteron memiliki beberapa peran, termasuk dalam penyesuaian pembuatan sel darah baru, menjaga tulang dan otot tetap kuat sehat, dan mendorong pertumbuhan otot. Karena wanita memiliki kurang testosteron, wanita akan memiliki massa otot kurang dari pria.

Pada dasarnya, sebelum mencapai pubertas, tubuh anak laki-laki dan anak perempuan memiliki tingkat testosteron yang hampir sama. Namun, testosteron di tubuh anak akan naik secepat pubertas. Tingkat testosteron pria dewasa bisa 20 kali lebih tinggi dari wanita.

Dr. Emily Kraus, seorang dokter olahraga di Stanford Health Care, California, mengatakan bahwa hampir 80 persen kaki laki-laki dewasa berotot, sementara wanita hanya 60 persen.

Massa otot yang lebih besar ini bisa membantu pria berlari lebih cepat. Selain itu, wanita memiliki hormon estrogen lebih banyak dibanding pria, yang membuat wanita memiliki persentase lemak tubuh lebih tinggi dibanding pria.

Kapasitas paru-paru yang berbeda

Selain massa otot dan hormon, kemampuan optimal paru-paru untuk mengumpulkan dan menggunakan oksigen juga bisa menentukan siapa yang bisa berlari lebih cepat.

Wanita umumnya memiliki ukuran paru-paru lebih kecil dari pria. Perbedaan ukuran paru ini membuat kemampuan tubuh wanita menghirup oksigen maksimal lebih rendah dibanding pria.

Menurut sebuah studi di jurnal kedokteran dan ilmu olahraga, jumlah maksimum konsumsi oksigen pada wanita dalam kondisi normal (silent inactivity) sekitar 33 mililiter oksigen per kilogram berat badan per menit.

Sementara itu, paru-paru pria bisa menghemat sekitar 42 mililiter per kilogram berat badan per menit. Ini berarti bahwa wanita harus bekerja lebih keras untuk menghirup oksigen untuk memenuhi kebutuhan otot mereka.

Ukuran hati berbeda

Ukuran hati wanita juga cenderung lebih kecil dari pada pria, yang berarti bahwa wanita memiliki lebih sedikit kapasitas memompa darah daripada pria. Hal ini membuat volume darah setiap kali dipompa lebih sedikit, sehingga darah dan oksigen yang dikirim ke otot wanita menjadi kurang.

Wanita juga memiliki jumlah hemoglobin kurang, protein dalam sel darah merah, yang mengikat dan mengangkut oksigen ke jaringan tubuh, termasuk otot, kata Kraus.
Terlepas dari alasan di atas, masih sangat mengesankan bahwa banyak wanita di luar sana yang dapat mengikuti peraturan cepat pria meskipun ada beberapa keterbatasan.

Rekor dunia pria 100 meter hari ini adalah 9,58 detik yang dipegang oleh Usain Bolt pada tahun 2009, sementara rekor dunia wanita 10,49 detik dikonfirmasi oleh American Florence Griffith-Joyner pada tahun 1988.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar